Keyword sangat penting dalam kesukesan mendrive traffic . Salah satu fondasi utama dalam berbisnis online adalah keyword. Tanpa keyword, berarti tidak ada klik dan tanpa klik,kita tidak aka nada traffic, tanpa traffic kita tidak akan mendapatkan keuntungan apapun dalam berbisnis online.
Alasan kenapa banyak marketer yang tidak bisa menarik banyak traffic adalah karena mereka hanya memakai 20 sampai 30 keyword saja dalam kampanye iklan mereka. Sedangkan jika kita ingin mendapatkan traffic yang signifikan, kita perlu bidding ratusan sampai ribuan keyword dalam sebuah kampanye iklan.( terutama untuk strategi main di content).
Mencari keyword yang berhubungan dengan kampanye iklan kita sangatlah penting. Satu keyword bisa dianalogikan sebagai satu tiket lotere. Semakin banyak kita memiliki tiket lotere maka semakin besar kesempatan kita untuk memenangkan lotere tersebut.
Seperti halnya tiket lotere, semakin banyak keyword yang kita miliki semakin besar kesempatan prospek menemukan iklan kita, mengklik dan mengunjungi link situs kita. Lalu keyword seperti apa yang bisa kita tempatkan di kampanye iklan kita?
Ya, salah satu syarat utamanya adalah keyword yang berhubungan dengan isi situs kita. Format kata kuncinya seperti apa umumnya bebas. Namun tetap mengacu berdasarkan apa yang pengunjung ketikkan di kolom pencarian search engine.
Banyak sekali orang yang melakukan kesalahan pengetikkan keyword di internet. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan optimal. Misalnya, jika kita bidding keyword frase seperti "hybrid car", pikirkan juga untuk bidding "hybridcar" (tanpa spasi).
Kita tidak pernah tahu berapa banyak orang yang melakukan kesalahan pengetikkan di search engine dengan mengetikkan "hybridcar" sebagai satu kata. Kita tidak pernah tahu berapa banyak traffic murah yang bisa kita dapatkan dari hasil pencarian kesalahan pengetikan ini. Mungkin bisa sampai ratusan klik. Lumayan khan ...Kunci untuk mendapatkan klik adalah keyword yang ada di iklan kita harus berhubungan dengan isi iklan. Misalnya, jika prospek mencari "hybrid car", maka iklan yang kita buat harus berhubungan dengan "hybrid car", Contoh iklan yang relevan untuk "hybrid car", adalah seperti berikut : Hybrid Car, Come here to get hybrid car !
Jangan sampai iklan kita tidak sesuai dengan pencarian yang dilakukan prospek. Jika iklan kita tidak sesuai dengan apa yang orang cari, maka ini akan percuma dan orang juga tidak akan tertarik untuk mengklik iklan tersebut.
Setelah kita memikili kumpulan keyword yang bervariasi hingga ratusan, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah memasukkan kumpulan keyword tersebut ke dalam Ad group yang berbeda secara spesifik sehingga hasilnya bisa tertarget. Nah, yang kerap menjadi masalah adalah menemukan strategi yang tepat untuk mengumpulkan keyword yang tertarget.