FORUM BERDESA DAN EDUKASI

Berdesa, Berdata, Bermedsos

 
Panduan Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO)

.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

.

Panduan Sukses Bisnis di AMAZON.COM

sukses dari amazon.

AdsenseCamp (Pay Per Click)

.

Adsense Indonesia

Kumpul Blogger (Pay Per Click)

Claxon Media (Pay Per View)

Digg

Bidvertiser

Sukses dari AWSurveys

.

Software Pasang Iklan Massal di Internet

software pasang iklan massal di internet

Software Iklan Baris Massal

Software Iklan Baris Massal

Media Promosi

Media Iklan Baris Gratis !.

Smorty Blog Advertising

Blog Advertising - Get Paid to Blog

Perlukah Insentif Industri ?
Selasa, 18 November 2008
Kiat Redam Pelambatan Pertumbuhan Ekonomi JAKARTA - Pemerintah akan kesulitan meredam perlambatan pertumbuhan ekonomi, terutama pada triwulan keempat ini. Untuk menangkalnya, perlu langkah signifikan seperti pemberian insentif bagi industri yang terkena dampak krisis secara langsung.Pemerintah harus mengambil langkah-langkah yang drastis dan signifikan seperti pemberian insentif yang spesifik bagi industri yang terkena dampak krisis seperti industri CPO (minyak sawit) dan TPT (tekstil dan produk tekstil)," kata Ekonom Indef (Institute for Development of Economics and Finance) Fadhil Hasan.
  • Pemerintah juga harus berada di depan dalam memberikan stimulus ekonomi, terutama di saat sektor swasta mulai lesu. Pemerintah harus segera mencairkan anggaran secara efektif dan efisien, saat ini hanya penurunan suku bunga yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi. Sayangnya, di saat nilai tukar rupiah cenderung menurun, sulit berharap terjadi penurunan suku bunga. Jika demikian, kita baru bisa berharap suku bunga bisa turun tahun depan. Yakni ketika ekspektasi inflasi mulai menurun menjadi single digit.
  • Skema blanket guarantee (penjaminan menyeluruh) juga bisa menjadi opsi pemerintah untuk memacu pertumbuhan. Ini karena blanket guarantee juga bisa membantu perbankan lebih lancar menyalurkan kredit. Yakni, ketika kebutuhan akses likuiditas sudah terpenuhi. Namun pesimistis, pemerintah bersedia menempuh kebijakan blanket guarantee.
  • Kepala Badan Kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu mengatakan pemerintah sudah memiliki kebijakan counter cyclical atau upaya menahan perlambatan ekonomi. Bentuknya berupa insentif langsung bagi sektor yang langsung terkena dampak krisis. Sektor yang akan mendapatkan insentif adalah yang bergerak di bidang pangan, energi, dan industri terpilih.
  • Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi triwulan III-2008 sebesar 3,5 persen (quarter to quarter/qtq), atau 6,1 persen (year on year/yoy). Pertumbuhan ini lebih lambat dibanding triwulan II-2008 sebesar 6,4 persen. Pertumbuhan ekonomi kuartal III-2008 dibanding tahun lalu ditopang konsumsi pemerintah 16,9 persen, ekspor 14,3 persen, pembentukan modal tetap bruto (PMTB/investasi) 12,0 persen, impor 11,9 persen dan konsumsi rumah tangga 5,3 persen.
posted by MOCH. SAICHU, SS, M.Si @ 18.53  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
&amp;amp;amp;amp;amp;lt;!-- end blogger code-->
Biodata Pengelolah

MOCH. SAICHU, SS, M.Si
Kab Sidoarjo, East Java, Indonesia
Tentang Saya
Lihat Profil Lengkap
Sudahkah Anda Shalat


Free Blog Content

CHAT BOX
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Artikel Terkini
Arsip
Links Pemerintah
Links GuruNet
Links Teman

Anda Pengunjung Ke

Asal Pengunjung

free counters

Powered by

BLOGGER

CO.CC:Free Domain

Banner Exchange

duniacyber.com Indonesia Advertising Portal

Info Lowongan Kerja

BengkelProgram.com

FORUM BISNIS DAN EDUKASI

© 2005 FORUM BERDESA DAN EDUKASI Blogspot Template by Isnaini Dot Com