Hakekat dibentuknya pemerintahan adalah memberikan layanan masyarakat, karenanya pelayanan masyarakat (publik) yang berkualitas dan profesional harus dikedepankan. Kualitas layanan publik di era reformasi dan otonomi daerah terus mendapat sorotan publik dan bahkan telah menjadi public issue. Karenanya Pemerintah Daerah harus memberikan pelayanan prima. Pelayanan prima adalah pelayanan yang sangat baik atau pelayanan terbaik, dalam arti sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau yang dimiliki oleh instansi yang memberikan pelayanan. Jika belum memilikin standar pelayanan, pelayanan prima berarti pelayanan yang mampu memberikan kepuasan pihak yang dilayani. Pelayanan prima berarti pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Melalui pelayan prima kinerja pelayanan publik bisa menjadi baik dan profesional dan masyarakat mendapat kepuasan.
Pelayan prima bisa jalan membutuhkan persyaratan
Komunikasi, sampaikan sistem pelayanan agar ada kejelasan kepada masyarakat Kejelasan, pelayanan yang diberikan harus ada kejelasan terhadap sistem pelayanan Komitmen, stakeholders (pihak pelayan dan yang dilayani) harus memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan sistem pelayanan. Konsisten, stakeholder (pihak pelayan dan yang dilayani) harus konsisten dalam memberikan layanan
Dimensi-dimensi pelayanan prima yaitu Ketepatan waktu pelayanan, berkaitan dengan waktu tunggu dan waktu proses Akurasi pelayanan, berkaitan reliabilitas pelayanan, bebas dari kesalahan Kesopanan dan keramahan dalam memberikan layanan Tanggungjawab, berkaitan dengan penerimaan pesanan dan penanganan keluhan dari pelanggan Kelengkapan, berkaitan dengan lingkup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung Kemudahan mendapatkan pelayanan
|